"Jangan Biarkan Yang Terpencil Kian Terkucil "

Senin, 19 November 2012

Menuju Masyarakat Informatif (Pembangunan dari Desa Menuju Dunia)

Era keterbukaan informasi yang di dorong oleh perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadikan dunia seakan tidak mengenal batas wilayah. Manusia dengan cepat dan mudah mengakses informasi yang diperlukan. Kondisi ini jika tidak di imbangi oleh kesiapan sumber daya manusia dalam memilih dan memilah informasi yang tersedia secara transparan berdampak pada kontra produktif dalam kerangka pembangunan di segala bidang.
Era globalisasi bukan seperti era peperangan yang memperjuangkan kemerdekaan dengan bambu, setiap orang di tuntut untuk bisa menerima TIK yang terus berkembang. Saat ini bukan lagi memperjuangkan kemerdekaan tetapi meneruskan perjuangan yang telah di tinggalkan para pahlawan bangsa. Perjuangan yang dilakukan adalah dengan mengukir prestasi-prestasi atas sertifikat dunia.
Kalimantan Selatan adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan. Ibukotanya adalah Banjarmasin. Provinsi ini mempunyai 13 Kabupaten, 149 Kecamatan, dan 1.979 Desa/Kelurahan. Dengan kekayaan yang dimiliki, seharusnya bisa menjadi solusi baru untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia agar tercipta sumber daya sumber daya yang memiliki kualitas di atas rata-rata sehingga bisa menjadi insan pemimpin pengembangan TIK di Kalimantan Selatan.
Upaya-upaya pengembangan teknologi sudah dilakukan sejak tahun 80an. Kelompencapir adalah kelompok yang sangat berpengaruh pada pemcapaian Swasembada pangan dan mendapat penghargaan dari FAO pada tahun 1984. Kelompok ini merupakan tempat berkumpul petani & nelayan dari seluruh Indonesia. Namun seiring waktu, kelompok ini dimakan zaman karena ada pro dan kontra dari masyarakat. Tapi timbul kelompok-kelompok baru yang menamakan diri sebagai Kempok Informasi.
Pemerintah terus mencari cara mengembangkan TIK  pada masyarakt luas. Departemen Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyediakan sarana komunikasi untuk Provinsi Kalimantan Selatan anatara lain :
1. Tahun 2006 telah diserahkan perangkat Warung Masyarakat Informasi (Warmasif) yang dikelola oleh POS INDONESIA.
2. Tahun 2009 Community Access Point (CAP), M-CAP (Mobile Community Access Point).
3. Peralatan media center dan 1 unit mobil operasional Phanter.
Sumber: Seminar Relawan TIK
Selain program tersebut, ada juga program KPU/USO yang dicanangkan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia "Dari Desa Menuju Dunia", Provinsi Kalimantan Selatan termasuk cakupan program tersebut. Tahun 2009 Provinsi Kalimantan Selatan diserahkan perangkat Desa Berdering di 914 Desa yang ada di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan. Tahun 2010 diserahkan perangkat Desa Pinter di 3 Kabupaten dan PLIK (Pusat Layanan Internet Kecamatan) sebanyak 157 paket. (Sumber: Seminar Relawan TIK)
Dari semua program yang dicanangkan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, ada satu program yang sangat di apresiasi baik oleh masyarakat pada tahun 2011, Provinsi Kalimantan Selatan mendapat 84 unit Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK). Pelayana internet melalui MPLIK lebih diminati karena selain baiay yang murah, masyarakat yang belum mengerti internet bisa diajari oleh operator komputer MPLIK atau pihak lain yang bekerja sama dengan MPLIK. 
Antusiasme masyarakat pada penggunaan fasilitas MPLIK menunjukkan Teknologi Informasi Dan Komunikasi telah diterima dengan baik oleh masyarakat di Kalimantan Selatan. Hampir seluruh masyarakat sudah memiliki account jejaring sosial di internet.
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kalimatan Selatan juga dapat dirasakan  oleh masyarakat yang ada di daerah terpencil melalui MPLIK sehingga pemerataan pembangunan infrastruktur teknologi dapat berkembang sebagaimana telah di inginkan.
MPLIK,Masyarakat Umum dan Pelajar Untuk Keterbukaan Informasi

MPLIK merupakan singkatan dari Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan. Fungsi dan tujuannya adalah melayani masyarakat umum yang berada di daerah-daerah kecamatan yang belum terjangkau oleh fasilitas internet.  MPLIK merupakan program KPU/USO bsifat mobile yang dicanangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui BP3TI dalam rangka peningkatan pola pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dalam bisang informasi & telekomunikasi.
Upaya meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang fungsi internet yang bersifat pengetahuan global terus diupayakan. Selain masyarakat umum yang ada di daerah, MPLIK juga beroperasi di Sekolah, Tempat Keramaian, Juga sebagai mitra yang baik dengan Kelompok Informasi Masyarakat.
Saya coba mencari bahan dari berbagai narasumber, M. Faisal Rizal staf pengelola MPLIK Kabupaten Banjar coba menjelaskan tentang MPLIK Kabupaten Banjar. Provinsi Kalimatan Selatan tepatnya Kabupaten Banjar menjadi tempat pertama di Indonesia yang melakukan pointing. "pointing pertama lalu mungki pointing terlama yang pernah dilakukan operator komputer manapun,  dari jam 5 sore sampai tepat jam 5 shubuh kami melakukan pointing. 12 jam angka mutlak hari itu, mau tidak mau kami harus mendapatkan jaringan karena besok pagi mobil tersebut harus sudah bisa digunakan" tutur rizal.
MPLIK Kabupaten Banjar dikelola oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banjar. Upaya untuk memaksimalkan fasilitas MPLIK, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banjar setiap bulannya mensurvei wilayah yang bisa di operasikan MPLIK. selain upaya tersebut, MPLIK Kabupaten Banjar melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banjar membuat MoU (Memorandum of Understanding) atau perjanjian kerjasama dengan instansi yang ada di lingkup pemerintah Kabupaten Banjar.
Guna menguji pemanfaatan MPLIK yang ada di wilayah terpencil yaitu di kecamatan Paramasan, bulan September 2012 saya ikut pada rombongan MPLIK Kabupaten Banjar untuk mengoperasikan Mplik disana. Jarak yang ditempuh cukup jauh, kalau dari Banjarmasin kita akan memakan waktu selama 7 jam perjalanan. Kelelahan itu dibayar dengan sorak sorai sambutan untuk MPLIK Kabupaten Banjar. MPLIK Kabupaten Banjar adalah jawaban dari hausnya informasi. Seluruh masyarakat antusias melihat dan menggunakannya. Baik perangkat desa, pelajar dan Guru. Sulitnya jaringan disana menjadi kendala berarti dan jadi perhatian untuk pemerintah. Sinyal handphone bisa didapat hanya jika kita berada di bawah BTS yang ada disana. 
Dengan adanya MPLIK masyarakat tidak akan buta terhadap internet dan informasi.

Jika ingin tahu lebih banyak tentang program KPU/USO bisa kunjungi situs resmi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan di http://dishubkominfo.kalselprov.go.id/

Pameran ICT USO 2012 di Kalimantan Selatan

Salah satu bentuk kepedulian Pemerintah terhadap perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kalimantan Selatan, maka diadakan Pameran ICT USO EXPO 2012.

Berbagai atribut seperti baleho, umbul-umbul dan banner sudah dipasang dimana-mana. Pameran akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 7-9 November 2012. Selain pameran, panitia juga mengadakan lomba seperti game online.

jika ingin tahu lebih lanjut bagaimana kegiatan pada acara tersebut bisa datang langsung ke Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin. silahkan kunjungi situs resmi http://ictusoexpo2012.com/

0 komentar:

Posting Komentar